Oli “Genuine” Isuzu Diklaim buat Mesin Awet

Bukan hanya suku cadang, saat ini para produsen kendaraan roda empat rata-rata sudah memiliki oli rekomendasi sendiri, biasanya disebut oli genuine. Di mana ini bakal menjadi rujukan konsumen, di samping kebebasan untuk menggunakan oli merek lain, tapi dengan spesifikasi sama.

Joen Boediputra, Direktur Pemasaran PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengatakan, kalau kehadiran Isuzu Astra Genuine Oil (IAGO) yang kami miliki, sudah sesuai dengan spesifikasi dan karakteristik mesin Isuzu.  Sehingga performanya bisa terus terjaga.

“Mengapa kami buat itu, supaya konsumen jangan sampai salah pilih. Karena mesin Isuzu harus dengan spesifikasi seperti yang ada pada IAGO. Tujuannya, untuk perawatan kendaraan konsumen terjaga baik,” ujar Joen, Rabu (7/12/2016).

“Konsumen tidak apa-apa membawa oli lain ke Isuzu, yang penting spesifikasinya sama. Kalau tidak, maka akan menggangu. Kami menjaga syarat-syarat yang diberikan oleh prinsipal, jagan sampai image Isuzu jelek karena salah pemakaian oli,” ucap Joen.

Joe menambahkan, ini penting karena kebanyakan konsumen Isuzu, menggunakan unitnya sebagai penunjang usaha. Jadi akan cukup beresiko saat unit mereka rusak, ketika sedang dalam kontrak bisnis.

Keluhan Pengusaha Oli

Pengusaha oli baru-baru ini mengeluhkan kalau produsen mobil dianggap mengarahkan konsumen untuk membeli oli genuine, sehingga bisnis mereka menjadi turun di pasar oli aftermarket.

Joen mengatakan, kalau pihakya tidak membatasi itu. Hanya saja oli yang masuk dan menjadi oli genuine, sudah melewati seleksi Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) sesuai dengan spesifikasi.

“Produsen kalau mereka jeli, dengan beberapa varian yang mereka punya, harus edukasi varian mana yang sesuai dengan engine-nya Isuzu, ini subtitute untuk IAGO misalnya. Kalau jualnya secara umum saja, maka akan sulit,” ujar Joen.